100 Rezepte Blechkuchen (German Edition)

100 Rezepte Blechkuchen (German Edition)

B. Indonesia buatlah penelitian tentang PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

buatlah penelitian tentang PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Jawaban:

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI PADA

SMARTPHONE ANDROID DILENGKAPI GAME TWOPLAYER

TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Siti Solehah1

1. Program Studi Pendidikan Fisika

2. Jurusan PMIPA Universitas Jambi

Email : Sisolehah94@gmail.com

ABSTRACT

The purpose of this study to determine the effect of application-based instructional media on the smartphone

android equipped with two player games on student learning cognitive results. This research uses mixed methods of

research design with explanatory design type. The population in this study is all students of class XII IPA SMA N 11

Kota Jambi. The sample used in this research there are two classes of class XII IPA 2 as control class and XII IPA

4 experimental class. The data collection of this research using test, observation, interview and documentation.

The result of hypothesis testing shows the value of Sig. (1-tailed) 0,0015 <0,05 with df = 71. Thus, the result of t-

test can be concluded that shows there are significant differences in students' cognitive learning outcomes between

experimental groups using android and besed learning media and control group. By use this android applications

students become more eager to dig deeper information.

Key words: Android smartphone, cognitive learning outcomes. learning Media,

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi pada smartphone

android dilengkapi game twoplayer terhadap hasil kognitif belajar siswa. Penelitian ini menggunakan mixed

methods research design dengan tipe explanatory design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas

XII IPA SMA N 11 Kota Jambi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas XII IPA 2

sebagai kelas kontrol dan XII IPA 4 kelas eksperimen. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, obsevasi,

wawancara dan dokumentasi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan besarnya nilai Sig. (1-tailed) 0,0015 < 0,05

dengan df= 71. Dengan demikian, hasil uji-t tersebut dapat disimpulakn bahwa menunjukan terdapat perbedaan

hasil belajar kognitif siswa yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran

bebasis android dan kelompok control. Dengan mengguanakan aplikasi android ini siswa menjadi lebih

bersemangat untuk menggali informasi lebih dalam.

Kata Kunci : hasil belajar kognitif. Media Pembelajaran, smartphone android,

PENDAHULUAN

Dalam dunia pendidikan, pelajaran fisika

adalah cabang ilmu yang mempelajari

gejala-gejala alam dan lingkungan.

Keberhasilan mempelajari fisika dapat

membentuk pola pikir siswa yang matang

sebagai modal untuk melanjutkan kehidupan

baik dalam hal berinteraksi dengan sesama

maupun lingkungan sekitar. Ilmu

pendidikan berkaitan erat dengan proses

pembelajaran yang terdiri dari siswa,

pendidik dan lingkungan yang saling

mempengaruhi satu sama lain untuk

mencapai tujuan pendidikan. Faktor

penunjang tercapainya tujuan pembelajaran

adalah dengan adanya media pembelajaran.

Penggunaan media pembelajaran yang

bervariasi akan meningkatkan motivasi

belajar pemahaman konsep dan memicu

siswa agar lebih aktif dan kreatif, media

juga dapat membantu siswa untuk belajar

mandiri (student center).

Menurut Brings dalam Sudirman (2005).

Media adalah alat bantu disadari oleh

Penjelasan:

[answer.2.content]